PT ROTOREJO KRUWUK RUGIKAN NEGARA

Dalam Audensi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Blitar Komisi I pada tanggal 26 Januari 2015 yang dipimpin oleh ketua komisi I. Dimana Audensi tersebut membahas sengketa pertanahan di wilayah eks Hak Guna Usaha PT. Rotorejo Kruwuk atas eks perkebunan Kruwuk Rotorejo yang berada di desa Gadungan dan desa Sumberagung, kecamatan Gandusari. Dimana sengketa tersebut terjadi antara masyarakat sekitar perkebunan yang tergabung dalam Paguyuban Petani Kelud Makmur dengan PT. Rotorejo Kruwuk selaku bekas pemegang hak.

Terungkap fakta yang cukup mencengangkan semua pihak yang hadir, bahwa sejak HGU didapatkan oleh PT. Rotorejo Kruwuk atas pengalihan Hak (pembelian) HGU dari PT. Candiloka pada tahun 1998. Ternyata PT. Rotorejo Kruwuk hanya membayar pajak atas tanah seluas 541 Ha padahal luas dari HGU tersebut adalah 557 Ha. Sehingga mulai dari tahun 1998, PT Rotorejo Kruwuk tidak membayar pajak seluas 16 Ha. Selama 16 tahun.

Tentunya Negara dirugikan atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak PT. Rotorejo Kruwuk tersebut. Tetapi terjadi semacam pemaafan dari para pihak yang hadir didalam pertemuan. Tentunya ini berbeda jika pihak petani yang melanggar hukum.

Seharusnya negara melalui aparat hukumnya melaporkan PT. Rotorejo Kruwuk didalam sidang pengadilan perpajakan. Hal ini demi tegaknya hukum dan keadilan semata. Jika hukum hanya tajam kebawah (petani) dan tumpul kepada pihak pengusaha maka sudah jelaslah rakyat yang mempunyai rasa keadilannya sendiri, akan melakukan penghakiman menurut sudut pandangnya sendiri.

Kesanggupan pihak PT. Rotorejo Kruwuk untuk membayar pajak terutangnya selama 16 tahun dianggap oleh DPRD dan pihak aparat sudah cukup. Padahal kelalaian membayar pajak selama 16 tahun bukanlah kelalaian yang tidak disengaja tetapi merupakan kelalaian yang disengaja. Maka sudah seharusnya pihak aparat yang berwenang sebagai bagian dari negara menjadi pelapor dalam kasus ini.

Advertisements
This entry was posted in Keadilan Sumber Daya Alam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s