EKS PERKEBUNAN KARANGNONGKO: MEREBUT KEDAULATAN

Sengketa pertanahan bekas perkebunan Karangnongko di desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar mengalami peningkatan yang signifikan bagi OTL PPAB Karangnongko. Setelah sekian tahun bernegosiasi dengan pihak bekas pemegang Hak Guna Usaha (HGU), tanpa perkembangan yang jelas. Pada Kamis, 22 Mei 2014 kemaren diadakan pertemuan di balai desa Modangan dengan hasil sebagai berikut:

  1. OTL PPAB Karangnongko akan melakukan pematokan terhadap hasil reclaiming
  2. Jika dalam 2 minggu sejak pertemuan, pihak pemegang hak tidak segera memanen tanaman di 30 Ha yang lain. Maka, petani akan melakukan pembabatan terhadap semua tanaman yang ada.

Pertemuan sendiri dihadiri oleh perwakilan petani, perusahaan dan MUSPIKA kecamatan Nglegok

Setelah itu, dilanjutkan dengan proses pematokan terhadap lahan reclaiming OTL PPAB Karangnongko dilahan seluas 120 Ha. Titik – titik patok ditentukan berdasarkan pada peta partisipasi masyarakat yang dibuat secara bersama oleh petani Karangnongko dan Sitas Desa. Dalam sehari tersebut, dipasang patok sebanyak 22, yang semuanya merupakan titik terluar dari lahan reclaiming masyarakat.

ImagePematokan dan hasil pertemuan tersebut, merupakan langkah maju bagi perjuangan kelompok tani Karangnongk dalam merebut kedaulatannya. Kelompok tani karangnongko menjadi lebih jelas daerah yang dikuasai maupun yang belum dikuasai. Untuk selanjutnya, dari lahan hasil reclaiming yang sudah bertahun – tahun tersebut, Petani Karangnongko akan menentukan tata kelola maupun tata kuasa dari lahan eks perkebunan Karangnongko. Dan Perjuangan akan terus diperlipat gandakan.

 

 

 

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Keadilan Sumber Daya Alam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s