HGU PERKEBUNAN KRUWUK ROTOREJO DIBLOKIR

Perjuangan merebut tanah sebagai symbol kedaulatan petani atas hidup dan kehidupannya (tidak sekedar alat produksi), merupakan perjuangan pokok bagi petani dan keadilan social bagi Indonesia. Dalam memperjuangkan hak – haknya tersebut, petani harus mampu mengorganisir dirinya sendiri dalam sebuah organisasi yang kuat dan sehat.

Untuk itulah dalam memperjuangkan hak atas tanah tersebut, petani penggarap Eks Perkebunan Kruwuk Rotorejo yang dikuasai oleh PT. Rotorejo Kruwuk, tergabung dalam Paguyuban Petani Kelud Makmur (PPKM). Demi mempercepat perjuangan tersebut PPKM, harus membangun jaringan hingga tingkat nasional untuk itulah PPKM bergabung dengan Paguyuban Petani Aryo Blitar (PPAB).

Dalam memperjuangkan tanah yang sudah digarap oleh petani tersebut, PPKM bersama dengan PPAB, SiTAS Desa dan KPA melakukan pemblokiran perpanjangan/pembaruan Hak Guna Usaha PT. Rotorejo Kruwuk atas perkebunan Kruwuk Rotorejo seluas 5.572.270 m2 dan 2.541.510 m2 pada tanggal  9 Januari 2014.

Padahal sejak tahun 2008 (dua tahun sebelum HGU habis) PT. Rotorejo Kruwuk sudah mengajukan perpanjangan HGU. Namun, sejak saat itu, hingga saat ini, setiap BPN memanggil pemegang HGU lama untuk menghadap BPN, semakin hari jawaban yang diberikannya semakin tidak pasti. Artinya, Pemegang HGU tidak mampu menerangkan kondisi factual eks perkebunan Kruwuk Rotorejo ini. Dengan ketidakmampuan pemegang HGU menerangkan kondisi di lapangan dan keberadaan surat pemblokiran yang juga ditandatangani oleh kepala desa Gadungan ini, maka harapan perpanjangan Hak Guna Usaha PT. Rotorejo Kruwuk semakin tipis.

Sedangkan perjuang PPKM dilanjutkan dengan memberikan surat pemblokiran kepada Kantor Wilayah BPN Jawa Timur pada tanggal 17 Januari 2014, bersama dengan KPA Wilayah Jawa Timur. Untuk selanjutnya surat Pemblokiran juga dikirim ke Kantor Pertanahan Kabupaten Blitar, Bupati dan DPRD Kab. Blitar. Dengan begitu, jika sampai HGU Eks perkebunan Kruwuk dikelaurkan, maka telah terjadi kongkalikong atas keluarnya HGU tersebut.

Pemblokiran HGU merupakan kemenangan kecil, yang harus diteruskan untuk menjadi kemenangan besar menuju terebutnya kedaulatan atas diri petani. Dan Perjuanganpun belum selesai.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Keadilan Sumber Daya Alam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s